Jalan Putus di Sigalingging-BPPJN Sumut Cepat Lakukan Penanganan

Jalan Putus di Sigalingging-BPPJN Sumut Cepat Lakukan Penanganan

Dairi-Mediadelegasi::Pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut) sudah mengupayakan perbaikan jalan nasional yang putus total di Sigalingging, Dairi beberapa hari lalu.

“Begitu ada kabar jalan nasional yang menghubungkan Tele-Sidikalang putus total di Sigalingging, tim dari Satuan Kerja (Satker) II BBPJN Sumut sudah langsung turun ke lokasi mengupayakan perbaikan. Sekarang mereka masih bekerja keras di lokasi,” kata Kepala BBPJN Sumut melalui Asisten Umum Satker II BBPJN Sumut, Belman Nainggolan, ketika dijumpai Jurnalis SIB News Network (SNN) di ruang kerjanya, Jumat (11/10/2024).

Namun Belman belum bisa memastikan kapan jalan nasional yang putus total itu bisa pulih kembali atau dapat dilalui kendaraan walau masih darurat. Mengingat kondisi di lokasi tergolong sangat parah. Sementara dana yang ada dimiliki BBPJN Sumut untuk itu sangat terbatas.

Kalau melihat kondisi lokasi, bila membuat jalan darurat sepertinya harus melalui halaman rumah warga, sehingga perlu dilakukan pendekatan untuk mengetahui apa diizinkan atau tidak. Bila itu tidak memungkinkan, upaya terbaik meski menggunakan jembatan balley (sementara). Namun itu pun belum dapat dipastikan. Jadi, masih tergantung situasi di lapangan,” kata Belman Nainggolan.

Seperti diketahui, jalan nasional yang putus di Sigalingging akibat gerusan luapan air hujan deras tersebut selama ini dilalui kendaraan yang datang dari arah Doloksanggul dan Samosir menuju arah Dairi maupun Tanah Karo bahkan Kota Medan.

Dengan putusnya jalan tersebut, kendaraan dari arah Doloksanggul dan Samosir menuju Tanah Karo dan Medan dapat melalui jalan PLTA Lau Renun dari Pangiringan tembus Tanjung Beringin Dairi dan sebaliknya.D|Re

Pos terkait