Kasat Lantas Polres Samosir Tinjau Pelaksanaan Pos Padat Pagi Demi Keselamatan Pelajar

Kasat Lantas Polres Samosir Tinjau Pelaksanaan Pos Padat Pagi Demi Keselamatan Pelajar

Samosir-Mediadelegasi:  20 Agustus 2024 – Dalam upaya mengoptimalkan pelayanan lalu lintas kepada pelajar di pagi hari, Kasat Lantas Polres Samosir AKP Natanail Surbakti, S.H., M.H., melakukan pengecekan terhadap pelaksanaan Pos Padat Pagi yang dijalankan oleh Personel Sat Lantas Polres Samosir. Pengecekan ini juga melibatkan personel Pos Lantas di wilayah hukum Polres Samosir.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI, Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta sejumlah instruksi terkait dari Kapolda Sumut dan Kapolres Samosir. Pengaturan arus lalu lintas pagi difokuskan di jalur-jalur yang sering dilalui oleh pelajar, seperti Simpang SMPN 2 Pangururan, Simpang HKBP Bolon, Simpang 4 Pegadaian, dan beberapa lokasi lainnya di Pangururan serta Simanindo.

Kegiatan pengecekan dimulai dengan apel kesiapan pada pukul 06.30 WIB di Lapangan Mako Polres Samosir, dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Samosir. Dalam arahannya, AKP Natanail Surbakti menekankan pentingnya kelancaran lalu lintas bagi pelajar, serta menginstruksikan agar setiap kendaraan yang menurunkan penumpang pelajar diposisikan dengan baik untuk mencegah gangguan lalu lintas.

Setelah apel, personel Sat Lantas Polres Samosir melanjutkan dengan pengaturan arus lalu lintas di tempat-tempat ramai dan rawan kecelakaan, khususnya di lokasi yang dilalui pelajar. Selain itu, personel juga memberikan teguran humanis kepada pengendara yang tidak tertib dan melakukan penindakan tertulis terhadap pelanggaran yang dapat menyebabkan kecelakaan. Personel juga terlihat membantu menyeberangkan pelajar.

Brigpol Vandu P Marpaung, Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir, menyampaikan bahwa tujuan dari pengaturan arus lalu lintas pagi ini adalah untuk menyampaikan pesan-pesan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) kepada para pengendara, menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dengan tertib dan disiplin.

“Hasil pelaksanaan pengaturan arus lalu lintas pagi ini berjalan lancar, tidak ada kemacetan, dan tidak ada laporan kecelakaan serta pelajar tepat waktu memasuki sekolah. Personel yang ditugaskan hadir dan optimal dalam melaksanakan tugasnya hasil pengecekan Si Propam Polres Samosir dan Kapolsek Jajaran,” tutup Brigpol Vandu P Marpaung.