Bawaslu Toba Selenggarakan Sosialisasi Peran Media Pers Pada Tahapan Pilkada 2024

Teks Poto:  Terlihat Ketua Bawaslu Toba, Sahat Sibarani (kiri), Yana Gultom (Tengah) dan Jarar Siahaan (kanan) pada kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif pada rekan Media Pers di room Labersa Hotel.(D|Tsa36)

Balige -Mediadelegasi: Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara selenggarakan Sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pada pemilihan Gubernur Wakil Gubernur, Bupati Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024 dengan konteks ”Peran Media/Pers” pada Pilkada Kabupaten Toba bulan November mendatang sosialisasi berlangsung di room Labersa Hotel Balige, Senin 30/09/2024.

Sahat Sibarani selaku Ketua Bawaslu Toba dihadapan para peserta sosialisasi mengutarakan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan peran rekan Media/ Pers Kabupaten Toba dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah ( Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur Wakil Gubernur Walikota dan Wakil Walikota).

” Kami harap rekan Media Pers Toba dapat bersinergi dalam tahapan-tahapan  Pilkada tahun ini terutama untuk mendukung suksesnya Pilkada Toba, Dalam sosialisasi ini segala tanya jawab akan saya coba jawab sesuai dengan regulasi, peraturan dan undang-undang yang berlaku. Jadi dengan resmi kiranya sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi media Pers untuk ikut memberitahukan kepada Masyarakat bahwa peran masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam pengawasan tahap Pilkada ini,” kata Sahat Sibarani

Di tempat yang sama selaku Narasumber pada sosialisasi, Jarar Siahaan juga mengutarakan peran media Pers Kabupaten Toba saat ini ditantang untuk turut serta dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah. ” Sepengetahuan saya juga media Wartawan harus menjaga etika dalam perhelatan Pilkada , Begitu pula seorang Wartawan dilarang keras terlibat dalam kampanye termasuk untuk ambil bagian pada tim sukses salah satu Paslon. Dalam undang-undang media Pers telah jelas tupoksinya untuk itu juga saya tidak lagi panjang lebar berbicara saya rasa kita semua telah memahami,” kata Jarar singkat

Diketahui acara sosialisasi dimulai dengan paparan permateri disampaikan narasumber yang selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab antara peserta sosialisasi dengan Bawaslu Toba bersama Jarar Siahaan dipandu oleh moderator, Yana Gultom (Wartawan Waspada)

Berlin Marpaung dari media Tribrata biro Toba salah satu peserta sosialisasi pada sesi tanya jawab mempertanyakan kepada Bawaslu Toba perihal bilamana ada temuan dilapangan tentang pelanggaran Pilkada apakah segera dilaporkan terhadap Bawaslu? dan apabila ada ASN hadir pada saat kampanye Paslon Bupati Wakil Bupati apakah nantinya Bawaslu menindaknya?

Menanggapi pertanyaan tersebut Sahat Sibarani (Ketua Bawaslu Toba) mengatakan sepanjang laporan yang disampaikan kepada Bawaslu Toba tentang dugaan pelanggaran- pelanggaran Pemilu segera akan ditindaklanjuti yang mana apabila nantinya seseorang ASN dapat dibuktikan melanggar ketentuan yang berlaku pasti ditindak lanjuti.

” Misalnya seorang ASN itu ikut mengkampanyekan atau mengutarakan dukungannya pada salah satu Paslon ( Bupati Wakil Bupati) ranahnya pasti ditindak lanjuti oleh Komisi Disiplin ASN, Kalau memang terbukti sudah jelas bisa saja dinonaktifkan, penurunan pangkat dan tindakan lainnya sesuai apa yang dilanggarnya,” kata Sahat Sibarani

Sekedar diketahui acara sosialisasi juga dihadiri perwakilan pihak Kepolisian Polres Toba, Tokoh Masyarakat, Wartawan dan Lembaga Kepemudaan. Acara sosialisasi berlangsung mulai jam 09:00 WIB sampai selesai sore hari. (D|Tsa36)

Pos terkait