Sebagai bentuk komitmen lintas sektor, turut ditandatangani tiga dokumen penting nota kesepahaman (MoU) antara Pemprov Sumut dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).
Kemudian, surat minat UTMB, serta perjanjian kerja sama antara Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Provinsi Sumut dengan PT Cipta Aksi Bersama (Cration) sebagai pelaksana kegiatan.
Pada kesempatan itu juga diluncurkan logo resmi Trail of the Kings – Lake Toba by UTMB 2025, serta kampanye destinasi “North Sumatra The Majestic Escape”.
Kampanye ini memperkenalkan alam Danau Toba, kemudian budaya lokal, dan semangat petualangan yang menjadi daya tarik kawasan tersebut.
Plt Kepala Disbudparekraf Provinsi Sumut Dikky Anugerah menyebut, bahwa ajang ini lebih dari sekadar lomba.
“Trail of the Kings – Lake Toba by UTMB bukan hanya ajang olahraga, melainkan perjalanan spiritual dan historis. Nama ‘Trail of the Kings’ merujuk pada warisan masyarakat Batak sebagai pelopor perintis jalur kehidupan di medan terjal,” paparnya.
Sementara, Direktur Utama BPODT Jimmy Panjaitan menilai, ajang ini sebagai peluang besar untuk mendongkrak pariwisata Danau Toba.
Peningkatan kunjungan wisatawan diharapkan mampu mendorong perputaran ekonomi lokal dari transportasi, kuliner, penginapan hingga kerajinan masyarakat,” kata Jimmy. D|Red
Baca artikel menarik lainnya dari mediadelegasi.id di GOOGLE NEWS