Meski Anggaran Terbatas, DPUBMP Purwakarta Tuntaskan Pembangunan Jalan, Jembatan dan Irigasi

DPUBMP Purwakarta
Kinerja DPUBMP Purwakarta

Purwakarta-Mediadelegasi: Meskipun anggaran terbatas karena rasionalisasi anggaran akibat Pandemi Covid-19, Dinas Pekerjaan Umum, Binamarga dan Pengairan (DPUBM) Purwakarta mampu menuntaskan pembangunan jalan, jembatan dan peningkatan jaringan irigasi di daerah tersebut.

Kepala DPUBMP Purwakarta, Ryan Oktavia mengatakan akibat dampak pandemi Covid-19, pihaknya terpaksa melakukan rasionalisasi anggaran, sejumlah program yang sudah direncanakan akhirnya dipending dulu.

“Tahun 2020 ini, program penataan infrastruktur telah merencanakan 17 program dan 177 kegiatan177. Namun akibat pandemi Covid-19, terpaksa banyak program harus dipending pengerjaannya,” jelasnya.

Ia menyebutkan, sebelum pandemi alokasi anggaran yang diusulkan untuk kegiatan-kegiatan tersebut disepakati Rp 132 miliar. “Anggaran sebesar itu, bersumber dari APBD Purwakarta dan akumulasi bantuan Provinsi Jawa Barat serta Dana Alokasi Khusus,” ungkap Ryan di Purwakarta, Kamis (3/12).

Lebih lanjut, Ryan menambahkan setelah anggarannya direalokasi, hanya menyisakan 8 persen dari total anggaran yang direncanakan sebelumnya.

“Anggaran yang sangat terbatas itu, kami tak bisa berbuat banyak. Wajar, jika kemudian banyak pembangunan infrastruktur terpaksa dipending pengerjaannya, hanya cukup untuk pemeliharaan,” imbuhnya.

Ia mengatakan dalam APBD Perubahan 2020, DPUBMP mendapat alokasi anggaran sebesar 12 Milyar.

“Meskipun anggarannya kecil, tetap kita maksimalkan untuk pembangunan infrastruktur. Dialokasikan untuk peningkatan jalan, membangun jembatan sementara pengganti jembatan yang ambruk beberapa waktu lalu,” katanya. Dalam melaksanakan program perbaikan jalan, sambung dia, DPUBMP Purwakarta turut melibatkan aparat TNI dalam program karya bakti TNI. “DPUBMP telah menuntaskan pembangunan 10 titik jalan disejumlah wilayah dengan total 10 Kilometer. Peningkatan 8 jaringan irigasi dan mercu bendu yang bersumber dari DAK, perbaikan dan pembangunan jembatan,” jelas Ryan. D|Jbr – 75