Ia memastikan, sinergitas yang ditawarkan Mediadelegasi dalam hal ini saling mengisi segmen-segmen yang bisa dikerjasamakan dalam konteks pemberitaan melalui produk-produk pemberitaan pers yang sehat dan bertanggungjawab.
Di era teknologi yang berubah sedemikian cepat dewasa ini, lanjutnya, bagi Mediadelegasi bukan hanya membutuhkan sinergi untuk mengatasi tantangan, melainkan juga dapat dijadikan terobosan baru sekaligus merebut peluang untuk kemajuan bersama.
Dalam konteks Hari Ulang Tahun ke-3 Mediadelegasi, kata Mandalasah, perusahaan pers yang dipimpinnya secara bertahap akan terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui program pendidikan dan pelatihan.
Pemimpin Redaksi Mediadelegasi.id, Tengku Nico Adrian, mengakui bahwa peningkatan kualitas SDM mutlak dibutuhkan oleh perusahaan pers di tengah persaingan bisnis media massa yang semakin kompetitif.
“Jurnalisme menuntut wartawan yang kompeten atas dasar kesadaran profesinya untuk kepentingan publik sehingga harus paham hukum dan kode etik jurnalistik, berpengetahuan
umum dan khusus, memiliki serangkaian keterampilan dalam mengelola informasi menjadi berita atas dasar fakta,” ujarnya.
Sementara itu, Redaktur Pelaksana Mediadelegasi.id, Maruli Agus Salim, mengungkapkan, mengelola redaksi perusahaan media online berbasis berita bukan suatu pekerjaan yang mudah, karena dibutuhkan kemampuan penyuntingan agar hasil liputan wartawan benar-benar akurat dan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik.
“Wartawan adalah ujung tombak sistem manajemen informasi redaksi di perusahaan pers, karena itu semestinya mereka mampu menyajikan berita layak siar,” katanya.
Namun, menurut wartawan senior ini, untuk mewujudkan hal itu agar pemberitaan bernilai jual tentunya bukan hal yang mudah, sehingga dibutuhkan pelatihan dan program-program penyegaran bagi wartawan. D|Red-04