Poldasu Diminta Usut Kelalaian PDAM Tirtanadi Terkait Rekening Air Melonjak

Ia juga menyayangkan komentar Dirut Tirtanadi, Kabir Bedi yang mengimbau pelanggan tidak khawatir dengan lonjakan tagihan. Kata Kabir, PDAM Tirtanadi senantiasa memberikan solusi kepada pelanggan.

“Harusnya ia memperbaiki administrasinya, bukan menghimbau orang jangan khawatir. Dia yang pegang perusahaan, bagusnya melayani dengan baik. Pelanggan pasti khawatir, kalau tidak bayar pasti diputus airnya,” katanya lagi.

Karenanya LSM Terkams meminta Kapoldasu Irjen Pol Drs R.Z Panca Putra Simanjuntak M.Si mengusut penyebab membengkaknya tagihan rekening air ini karena sudah meresahkan masyarakat.

Ia mengaku miris melihat kebijakan PDAM Tirtanadi yang dinilai membebani pelanggan tersebut diberlakukan ketika masyarakat sedang dihadapkan dengan ekonomi yang sangat sulit ekses wabah Covid-19.

“Jangan lagi ditambah penderitaan rakyat (pelanggan) hanya karena kepentingan sepihak !”, imbuh Samsul, sekaligus berharap agar pihak kepolisian secepatnya memeriksa pejabat terkait, agar dugaan terjadinya tindak pidana penipuan dan kelalaian berikut oknum beserta ‘aktor intelektualnya’ segera diketahui publik.

Sebelumnya usai pertemuan dengan Dirut PDAM Tirtanadi, Senin (22/3/2021), Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut, Abyadi Siregar mengatakan berdasarkan keterangan Kabir Bedi saat pemeriksaan terdapat 2 hal yang menjadi penyebab banyaknya keluhan masyarakat terkait lonjakan kenaikan tarif.

“Jadi tadi sebetulnya Pak Dirut sudah menjelaskan beberapa hal, ada yang terjadi akibat kebocoran dan akibat proses perubahan pencatatan. Kalau kita golongkan tadi ada 2 hal, terjadi kebocoran dan kesalahan sistem pencatatan dari manual ke android”, ujar Abyadi Siregar.D|Mdn-Ard

Pos terkait