Aplikasi e-learning ini dapat memfasilitasi aktivitas pelatihan dan pembelajaranserta proses belajar mengajar secaraformal maupun informal, selain juga memfasilitasi kegiatan dan komunitas pengguna media elektronik, seperti internet, intranet, CD-ROM, Video,DVD, televisi, HP, PDA, dan lain sebagainya (Darmawan, 2012).
Dalampenerapan e-learning (pembelajaranonline), guru dan siswa memilikiperannya masing-masing., pembelajar mandiri (independent learners), dan pemecah masalah (problem solvers)(Bintaro & Kusir dalam Maudiarti, 2018)
Kegiatan pembelajaran online ini dilakukan untuk mengganti kegiatan pembelajaran secara langsung. Pembelajaran online memiliki beberapa kelemahan yakni penggunaan jaringan internet membutuhkan infrastruktur yang memadai, membutuhkan banyak biaya, komunikasi memalui internet terdapat berbagai kendala/lamban (Haryono, 2003 dalam (Waryanto, 2006).
*Penulis adalah: Siswa SMPN Satu Atap Tampahan, Toba-Sumatera Utara
*Catatan Redaksi: Tulisan ini ditetapkan Dewan Juri sebagai pemenang Harapan II Lomba Karya Jurnalistik HUT Ke-2 PT Media Delegasi Nusantara
*Editor: Maruli Agus Salim