Jakarta-Mediadelegasi: Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) bersama perusahaan operator seluler mengumumkan persiapan mudik Lebaran 2025 mendatang. Operator seluler akan memberikan diskon paket data selama periode Ramadan-Lebaran.
mendirikan posko dan membentuk satuan tugas untuk monitoring jaringan telekomunikasi selama periode tersebut.
“Kemkomdigi bersama operator seluler juga akan membentuk satuan tugas dan posko yang akan beroperasi 24 jam di paling tidak 35 unit pelaksanaan teknis monitor spektrum frekuensi radio seluruh Indonesia,” kata Menteri Komdigi, Meutya Hafid, dalam konferensi pers di kantor Kemkomdigi, Kamis (20/3/2025).
“Posko angkutan lebaran terpadu yang ada di 5 titik strategisnya di antaranya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, luas area KM 57 dan KM 63, stasiun Gambir Jakarta dan stasiun Tawang Semarang,” jelasnya.
Dalam konferensi pers itu juga hadir perwakilan tiap opsel yang juga memaparkan persiapan hingga paket yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat. Berikut rangkumannya:
Telkomsel
Direktur Sales Telkomsel, Adiwahyuni Basuki Sigit menjelaskan pihaknya memberikan banyak program selama Ramadan ini. Program tersebut memiliki masa aktif 30 hari setelah pembelian, jadi tetap bisa digunakan bahkan setelah Ramadan berakhir.
“Tapi masa aktifnya sendiri itu 30 hari dari pembelian. Artinya event sampai setelah mudik pulang kembali itu paketnya masih bisa dinikmati,” kata Adi.
“Jadi sebenarnya yang kami desain ini memang sesuai dengan diskusi kita tadi, operator semua sepakat memang kita ingin Ramadan ini bisa benar-benar nyaman dan tenang,” dia melanjutkan.
Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan Telkomsel telah memastikan kesiapannya menghadapi lonjakan trafik saat momen mudik nanti. Termasuk yang menjadi titik keramaian atau Point of Interest (POI) dan menyiapkan backup saat ada insiden yang tidak diinginkan
Indosat
Chief Legal & Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Reski Damayanti menjelaskan pula IOH menghadirkan beragam paket yang lebih murah. Ini bisa dinikmati untuk semua pelanggan baik Prabayar maupun Pascabayar.
“Kami juga sudah menyediakan paket khusus Ramadan dari dua brand IM3 dan 3. Dengan harga yang lebih murah sampai dengan 50%. Ini adalah paket untuk Prabayar dan Pascabayar, dari 60,150, dan 300 GB,” jelasnya.
Reski juga menjelaskan pihaknya telah melakukan optimalisasi jaringan pada titik POI. Selain itu juga upgrading BTS yang mereka miliki dan membangun sejumlah BTS baru.
XL Axiata
XL Axiata juga menyiapkan jaringan di tempat keramaian. Selain itu juga telah melakukan pengecekan langsung ke rute yang kemungkinan akan dilalui pemudik.
“Kami juga sudah ngecek ada sekitar 120 rute yang biasa dilalui oleh pemudik yang kita pastikan kesiapan jaringannya,” kata Director & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya.