Membuat Konten Kreatif jadi Keterampilan Wajib bagi Pelaku UMKM

Membuat Konten Kreatif jadi Keterampilan Wajib bagi Pelaku UMKM
Wartawan senior Tikwan Raya Siregar (kanan) saat menjadi pembicara dalam Pelatihan Kreator Berbasis Jurnalistik yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-6 Media Delegasi, di Medan, Senin (13/10). Foto: Rio Tarigan

Medan-Mediadelegasi: Di era digitalisasi yang berkembang pesat saat ini, kemampuan membuat konten kreatif kini jadi keterampilan wajib bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

 

 

Bacaan Lainnya

“Oleh karena itu, pelaku UMKM harus lebih berani berinovasi dalam mem”framing” atau membingkai produk mereka secara jujur dan mengedepankan etika di berbagai platform media sosial,” kata kata praktisi pers Tikwan Raya Siregar di Medan, Senin (13/10).

 

 

 

Pernyataan tersebut disampaikan Tikwan saat menjadi pembicara dalam pelatihan kreator berbasis jurnalistik yang digelar perusahaan pers Media Delegasi.

 

 

Ia menilai, platform media sosial seperti TikTok, YouTube, Facebook dan Instagram dapat dijadikan alat jualan yang efektif untuk memperkenalkan produk dan jasa dalam rangka memperluas pasar.

 

 

Artinya, menurut dia, jika pelaku UMKM mampu menceritakan secara jujur dan beretika tentang produknya di media sosial, maka calon pembeli akan lebih mudah tertarik.

 

 

Namun, ia mengingatkan, kuncinya adalah jangan pernah berhenti belajar dan berkreasi, sebab perkembangan informasi serta teknologi sangat dinamis dan tak pernah mau menunggu meski sebentar saja.

 

Sebagaimana halnya juga wartawan dalam melaksanakan profesinya, sebut jurnalis senior ini, kreator konten juga ditantang untuk terus berkreasi agar mampu menghasilkan produk informasi, foto dan video berkualitas tinggi dengan deskripsi yang jelas dan informatif.

Pos terkait