Canva dan Kemenekraf Jalin Kemitraan Strategis untuk Mendukung Ekonomi Kreatif Indonesia

Jakarta-Mediadelegasi : Canva dan Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) resmi mengumumkan kemitraan strategis untuk mendukung transformasi digital dan penguatan talenta kreatif Indonesia. Kemitraan ini bertujuan untuk menjadikan ekonomi kreatif sebagai “the new engine of growth” dan mendukung visi besar Indonesia Emas 2045.

Menteri Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya, mengapresiasi penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama Canva dan Kemenekraf. Menurutnya, Canva adalah platform desain yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia dan memiliki potensi besar untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif.

Kemitraan ini tidak hanya menyasar pelaku usaha besar, tetapi juga pelaku dari hampir seluruh subsektor ekonomi kreatif. Canva akan menyediakan pelatihan dan akses yang lebih luas ke fitur Canva Pro dengan skema harga khusus untuk membantu para pegiat ekonomi kreatif memonetisasi karyanya dan menjadikannya sumber penghasilan.

Bacaan Lainnya

Sejak tahun 2024, tercatat sekitar 1 miliar desain telah dihasilkan melalui Canva, menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat dalam menggunakan platform ini. Testimoni dari berbagai pegiat ekraf membuktikan bahwa Canva memberikan manfaat nyata di berbagai sektor.

Canva memiliki pengguna mencapai lebih dari 80 juta orang, dan Indonesia kini menjadi pasar ketiga terbesar Canva di dunia, setelah Amerika Serikat dan Brasil. Kemitraan ini menjadi langkah strategis dalam mendukung upaya pemerintah menjadikan ekonomi kreatif sebagai “the new engine of growth”.

Pos terkait